jump to navigation

Drummer Paling Hebat 25/07/2009

Posted by Rio Lukito in Important Things.
Tags: , ,
trackback

Drummer Hebat! Jika anda seorang drummer, di suatu sisi dari diri anda pasti ada keinginan menjadi drummer hebat atau seseorang mengatakan “Drummer Hebat!”

Menjadi drummer hebat emang gampang-gampang susah, tetapi harus anda ketahui khususnya para newbie tidak drummer yang paling hebat di dunia ini. Mereka mempunyai bidang dan kelebihan masing-masing.

Jadi jika anda punya ambisi menjadi drummer paling hebat, lebih baik lupakan. Fokuslah pada latihan-latihan anda, dari pada mengejar ambisi menjadi drummer paling hebat.

Jika anda fokus pada latihan-latihan dengan metode yang benar maka perlahan anda pun akan menjadi drummer hebat.

Materi dasar yang paling penting bagi drummer adalah single stroke, double stroke, flam. Dengan menguasai beberapa rudiment penting tersebut, anda akan lebih mudah menguasai rudiment dan teknik latihan yang lainnya.

Hindari persaingan, bertemanlah dengan sesama drummer, bila mungkin carilah guru, hindari membicarakan keburukan-keburukan drummer lain atau membanggakan diri sendiri.

Ok, bro jika anda ingat semua tentang hal di atas pasti anda menjadi Drummer Hebat!

Komentar»

1. adek mikeportnoy - 18/10/2009

Caranya biar bs jago ngdrum, tp kl d rumah gag pux drum gmana ? q pngen bgt jago ngdrum .pliz, kasi saran .

2. Rio Lukito - 02/11/2009

Buat adek mikeportnoy, saya dari dulu juga tidak pernah punya drum. kamu tahu apa yang saya pukul? Teman saya :p (becanda). saya biasa memukul lantai, buku, karpet, bantal dll. untuk latihan kaki saya mengambil posisi duduk lalu gerakkan kaki seolah bermain drum, alhasil bisa juga kok. asal kamu tahu teknik2 nya. atau cara lain kamu bisa beli pad sekitar 100rb an.. macam harganya. terbuat dari karet jadi gak begitu mengganu tetangga.🙂. sampai sekarang saya latihan pake pad itu. selebihnya sya latihan di studio tempat saya mengajar… gak ada yang gak bisa jika kamu mau berusaha…..

3. Leo Junjiism - 12/10/2010

Kalo cara ngelatih emosi gimana gan!?

Rio Lukito - 15/10/2010

Emang agak susah gan, yang paling penting main aman, jangan melakukan apa yang kita kurang bisa apa lagi yang belum pernah kita lakukan. Jangan terlalu over acting…:)

4. Realito - 12/10/2010

Kalo Cara biar kaga emosi saat bermain drum gmana?

Rio Lukito - 15/10/2010

Biasa emosi muncul jika kita gerogi, atau malah tidak gerogi, saya pikir itu masalah pengalaman, semakin sering kita di panggung kita bisa bermain lebih tenang, menerapkan disiplin rhytm. Intinya kita harus betul2 menguasai apa yang akan kita mainkan, jika demikian pasti kita akan lebih tenang…

5. rere - 14/11/2010

klo mengatasi badmood di saat maen ada tips gan? tq

Rio Lukito - 01/12/2010

Emang agak susah mengatasi bad mood. Tapi saya biasanya mengatasi dengan menonton konser atau drummer favorite saya, biasanya akan kembali semangat kita untuk latihan saat itu juga. Barangkali cara ini juga akan bekerja buat kamu…

6. masnya - 09/06/2011

gimana metode latihan agar cepat menguasai double stroke???

Rio Lukito - 24/07/2011

Satu-satunya cara adalah step by step. Dari pelan ke cepat dengan perubahan yang sedikit. misal dari 60, 63, 66 69, 72 dst dengan durasi minimal satu menit untuk setiap tempo. Semakin sering kamu melakukan maka semakin cepat kamu bisa. Saya jamin jika kamu lakukan dengan benar maka dalam sebulan kamu akan melihat peningkatan yang berarti…

noufal deval - 10/08/2011

bagaimana cara mengatasi emosi saat panggungnya sederhana & panggunggnya yang megah (besarlah)? saya ingin tahu,dan di manakah saya harus bermain power ? makasih tolong kasih tau ya🙂

Rio Lukito - 11/08/2011

mungkin ada 2 hal yang harus diperhatikan dalam hal emosi. terlalu percaya diri dan tidak percaya diri. tidak percaya diri biasanya akibat kita merasa tidak menguasai lagu atau drumnya. caranya selalulah menguasai lagu sebelum manggung. Atau tidak percaya diri karena kita merasa yang menonton adalah orang2 hebat jauh di atas kita. ambil aman saja, lakukan apa yang kita bisa saja. jangan melakukan yang kita ragu dalam melakukannya. terlalu percaya diri, contohnya menganggap remeh lagu. ada pula orang yang tidak menyadari kesalahannya (tempo lari, fill in lebih atau kurang) tetapi cuek saja. untuk emosi dalam hal kita sudah menguasai lagu, sehingga terjadi penaikan tempo atau menjadi over acting. itu adalah kebiasaan. walau saya tidak perfect tetapi menurut saya, untuk menghindari perubahan tempo kita harus perbanyak latihan dengan metronome. sedangkan menghindari over acting adalah dengan membentuk kebiasaan selalu mendukung lagu. sehingga kita tidak terkesan menonjol kan diri…

7. Aday Trashdeathmetalcore - 02/11/2011

Bang,saya kan main drum sangat sulit memisahkan tempo saat saya memainkan pedal,tangan kanan saya yang berada di simbal juga ikutin tempo pedal mulu ?
gimana tuh caranya biar Bisa memisahkan Antara tangan Kanan saya dengan pedal… jika saya menginjak pedal pasti tangan kanan ikut”an mukul Simbal ?

Tolong di bantu bang..😀
Thanks before..

Rio Lukito - 16/11/2011

Thanks juga sudah mau bertanya…. maaf untuk lambatnya respon….. Kamu hanya perlu bersabar karena semuanya butuh proses. Perbanyak latihan koordinasi dan mulai dari tempo yang lambat karena pada tempo lambat kita punya kontrol penuh. Banyak sekali latihan koordinasi dari yang sederhana hingga yang kompleks. Coba dulu pattern2 biasa apakah kamu sudah benar-benar nyaman memainkannya? Karena orang lain hanya bisa memberitahu tetapi proses belajarnya kamu sendirilah yang melakukan dengan mencobanya. Jika kamu sabar dan telaten dengan metode yang benar percayalah, kamu tidak akan mengalami kesulitan yang berarti. Ingat!!! Semua butuh proses. Coba googling atau cari di youtube… maaf saat ini saya belum bisa memberikan contoh….mudah2an segera …..:)

8. Monster Hunter 3# - 29/08/2012

Gan, triplet itu susah ta bljrnya ?

Rio Lukito - 04/04/2013

Gak susah…..gampang banget, sering-sering aja hitung 1, 2, 3, 1, 2, 3, 1, 2, 3


Tinggalkan Balasan

