jump to navigation

Latihan Saja Tidak Cukup 22/07/2009

Posted by Rio Lukito in Important Things.
Tags: , , , , , , , , ,
trackback

Latihan memang baik dalam belajar apapun. Tetapi latihan saja tidak cukup.  Jika anda sering latihan sendiri tanpa bermain dengan band anda, mungkin dari segi musikalitas anda akan kurang. Kecuali anda ingin menjadi drummer solo anda tidak perlu latihan dengan band.

Banyak drummer profesional ternama sekarang seperti akira jimbo, virgil donati bermain solo tetapi tetap saja diiringi musik dan bahkan musiknya mereka yang buat. Tentu saja mereka mempunyai pengetahuan nada yang baik.

Wah, repot dong. Harus belajar alat musik lain? Ya. Paling tidak kita bisa memainkan satu alat musik lain selain drum. Harus kita sadari drum pada dasarnya alat musik pengiring bukan melodi. Jika anda hanya mengandalkan speed atau kecepatan saja, pendengar akan bosan mendengarkan. Bahkan jika anda bermain pada sesi solo drum. Kecepatan tidak menjamin solo anda akan dinikmati orang. Jadi anda harus memperhatikan juga segi musikalitasnya.

Banyak artikel tentang bermain solo drum yang saya baca mengajarkan bahwa solo drum yang baik juga ada intro, chorus, bridge dan reff seperti lagu pada umumnya. Jadi meskipun kita bermain solo, kita juga disarankan menyanyikan musik yang menjadi patokan kita dalam bersolo drum, tapi cukup di dalam hati saja. Dengan begitu solo kita akan mempunyai irama, dan bagian-bagian seperti dalam lagu yang bisa dinikmati pendengar, bahkan bukan drummer sekalipun.

Jadi jika anda tidak punya band meskipun anda pemula buatlah band cari personil yang bagi anda se-level dengan anda. Dan latihan di  studio bersama band pun tidak cukup. Anda harus bermain di panggung yang sebenarnya di hadapan penonton. Karena suasananya akan berbeda.

Banyak yang tidak anda duga yang bisa terjadi jika anda bermain di atas panggung. Pengalaman akan membuat anda terbiasa. Demam panggung, gerogi, takut salah, tidak percaya diri semuanya akan lenyap dari diri anda.

Jadi selain latihan teknik anda perlu latihan dengan musik dan dengan band kemudian tingkatkan pengalaman anda dengan bermain di atas panggung.

Ok, bro semoga bermanfaat.

Komentar»

1. Syafaat - 26/07/2009

wah mas belajar alat musik laen selaen dru apa ya …gitar malah blank banget gw mas.kira-kira ada nggak yang drummer professional yang bisanya cuman ngedram doang…

rioportnoy - 26/07/2009

Saya kira yang paling deket dengan kita semua adalah gitar dan rata-rata drummer bisa bermain gitar walaupun cuma genjreng2. Atau paling tidak kamu mengerti nada. Sehingga kamu bisa merasakan nada-nada di drum. Semua hanya masalah waktu, kamu perlu sabar seiring waktu berjalan pengalaman kamu pasti bertambah. Semua butuh proses dan kamu harus percaya di dalam proses itu kamu PASTI tumbuh dan berkembang!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: