jump to navigation

How to count note 03/06/2009

Posted by Rio Lukito in Reading.
Tags: , , , , ,
trackback

Dalam bermain drum dan alat musik lainnya,  menghitung not dapat memudahkan pemahaman ritme dan mempermudah proses latihan. Mulailah dari tempo yang lambat dan percepat tempo sedikit demi sedikit. Kita akan menghitung menggunakan bahasa inggris. Tapi yang pasti anda harus tahu dulu bagaimana membaca not balok.. ya.. nggak?.. Iyaaaaa…….

Untuk not 1/4 cara menghitungnya sebagai berikut. Anda bisa melakukan latihan ini dengan single stroke atau double stroke dan rudiments lainnya.

how to count note

Ya.. cukup sebut… One…. Two… Three… Four… pada setiap kita melakukan stroke. gampang khan????

Sedangkan not 1/8 cara menghitungnya sebagai berikut. Tanda “&” dibaca “and” dalam bahasa Inggris.

how to count eighth note

Berarti kita menyebut… One.. and…Two…and…Three…and…Four…and…

Gimana? Makin gampang….. Menurut anda ada yang salah dengan not di atas?.Iya… benar pada ketukan ke empat tidak ada tanda “&”. Tambahkan saja sendiri, itung itung latihan. Saya sengaja meninggalkannya ( padahal lupa…)

Ok Lanjut…

Dan pada not 1/16, “e” dibaca “i” dan “a” dibaca “e”.

how to count sixteenth note

Jadi not di atas kita ngitungnya…? iya pinter saya kira anda sudah paham mengenai cara-cara menghitung not.

Kebanyakan drummer, sangat tidak menyukai menghitung. Tapi percayalah dengan menghitung akan mempercepat pembelajaran anda. Mulailah dengan memperlancar penyebutan dulu, baru sambil bermain.

Ok untuk latihan saya adan bahan dikit…. mungkin bisa anda perbanyak sendiri….

how to count note exercise

Klik untuk memperbesar gambar

Komentar»

1. sulis - 16/07/2009

makasih ya mas….saya mw berlatih lagi…..mas ga da video yang tunjukin misalnya….jenis pukulan eight stroke tu yg ini videonya gitchu??????????…….
hehehe.,,,saya pemula banget….

rioportnoy - 18/07/2009

Ok, sulis. Dari comment kamu sepetinya kamu semangat banget. Saya senang orang yang penuh semangat, pertahankan itu.

2. sulis - 16/07/2009

kalo bisa dikasih video tutor nya mas…..hehehehe….

rioportnoy - 18/07/2009

Ya, sulis seperti permintaan kmu. Saya sedang mempersiapkan video tutor, dengan segala keterbatasan yang ada. Demi persahabatan kita sesama drummer. khususnya di Indonesia. Semoga blog ini bisa menjadi komunitas maya para drummer untuk belajar dan berbagi. thanks bgt bro.

3. Rdayt - 08/06/2010

Good ^_^

Gue baru mau belajar drum niy, bro..
Tolong bantuannya, yaaa.. ^_^

Rio Lukito - 16/06/2010

Ok, Rdayt, kita sama-sama membantu…

4. azhar - 21/03/2011

makash mas saya la mulai paham membaca not nya

Rio Lukito - 25/03/2011

Sama2 azhar, trims atas kunjungannya…

5. frama - 25/03/2011

mas saya masih kurang ngerti maksud dari symbol tanda > dan < pada not balok.
maksudnya apa ya mas?🙂

Rio Lukito - 31/03/2011

Tanda > di atas menandakan accent. yaitu di mainkan lebih keras dari pada not yang tidak ada > nya. Thanks Frama atas kunjungannya….

6. rizalsyaifur - 13/08/2011

mas bisa tolong kasihkan simbol drum di not balok
salam kenal.,.,,.,

Rio Lukito - 16/08/2011

Simbol yang gimana maksudnya? Coba baca how to read the note itulah simbol2 nya

7. david - 03/09/2012

mas, kalo gitu bedain antara mukul bass drum, ato snare ato cymbal gimana dong.?

Rio Lukito - 04/09/2012

Tergantung posisinya notenya dimana coba lihat How to read the note

8. Wimmy Leiwakabessy - 17/02/2014

Mat pagi mas Rio. saya ndah tau main drum, saya hanya praktisi musik yg belajar secara otodidak khususnya dlm mengarransir lagu. saya blh minta bantuan mas utk bagaimana saya bs menulis arransement utk drum. makasih atas bantuanya.

Rio Lukito - 20/03/2014

Boleh, saya pengen dengar lagunya…


Tinggalkan Balasan

