jump to navigation

Single Stroke Roll 02/06/2009

Posted by Rio Lukito in Rudiment, Single Stroke.
Tags: , , , , , , ,
trackback

Single Stroke  Roll pasti bisa dilakukan semua drummer bahkan bukan drummer sekalipun karena memang melakukan Single Stroke cukup gampang, tetapi merupakan bagian dari rudiment yang cukup penting. Kanan dan kiri, itu saja!

Tapi apakah Anda menyadari kualitas Single Stroke Roll Anda? Mampukah Anda melakukannya dengan baik, tempo yang rapi, cepat atau dengan berbagai macam kombinasi?

Sebaiknya Anda menguasai not balok terlebih dahulu karena pada umumnya semua materi akan dibahas dengan not balok. Single Stroke Roll dapat Anda lakukan pada not 1/4, 1/8, 1/16, 1/32 dan seterusnya. Satu-satunya cara untuk meningkatkan kualitas Single Stroke Anda adalah dengan berlatih dengan metoda yang benar yaitu mainkan dengan tempo lambat dan perlahan-lahan tambah kecepatan.

Singe Stroke Roll

Single Stroke Roll

Komentar»

1. DT mania - 31/05/2009

Single stroke gue lumayan kenceng lho…

rioportnoy - 31/05/2009

Ok Bagus DT mania, lanjutkan terus belajarnya hehe… mudah2an blog ini tambah rame

2. rioportnoy - 31/05/2009

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan latihan dari tempo yang lambat dan perlahan-lahan dipercepat.

3. Firmansyah A M - 13/07/2009

Hallo mazzzz
aku mau belajar, tapi nasibnya aku sama ni sama mzzzz, ngak da yang ngajari. So, langkah awal buat latihan drum tu ginama ya???? bisa diterangin step by stepnya ngak…… Thanks ya!!!!!

rioportnoy - 16/07/2009

Thanks banget Fiman, Kamu berada di topik yang tepat step pertama kalo ingin belajar drum adalah single stroke roll. Hanya kanan dan kiri bergantian, trus coba kamu lihat disini tentang groove, tapi sebelum itu kamu sebaiknya belajar not balok atau paling tidak cara menghitungnya, coba perlahan-lahan kalo saya bisa kamu pasti juga bisa. Ikuti petunjuk saya dan fokus pada materi, ingat step by step kan? terlalu banyak belajar dalam waktu singkat akan membuat kamu kebingungan. Kunjungi blog ini jika kamu online, tanyakan apa yang perlu kamu tanyakan. Banyak yang kamu akan dapatkan disini. Saya juga sedang mempersiapkan lesson dalam bentuk video agar pengunjung bisa langsung lihat dan mendengar suara dari notasi yang saya sajikan di blog ini.

4. didoy - 26/09/2009

salam kenal…
tapi sebelumnya maap nie, sya belajar drum uadah 1 bulan…( otodidak)
buat single stroke roll, pribadi bwt sya dah lumayan…
bwt nambahin kwalitasnya gmn? biarpun otodidak…
pa mesti pake metronom… pa manual?

Rio Lukito - 01/10/2009

Jika didoy melatih untuk kerapian akan baik sekali pake metronome… dah lebih baik lagi jika latihan dengan percepatan dengan metronome yang dipercepat setiap 8 bar…seperti gaya latihan Virgil Donati…

5. Dwi - 04/10/2009

Mas mo nax nih,u/ ngelatih pke double pedal yg benar gmnasih?n trikx main double pedal ad ga?trimzya mas

Rio Lukito - 05/10/2009

Terima kasih, juga Dwi atas pertanyaannya, saya senang berbagi ilmu dengan orang yang aktif seperti anda. Saya akan jawab walaupun saya bukan pemain double pedal yang baik. Sebenarnya latihan kaki tidak jauh berbeda dengan latihan tangan, double pedal/bass juga ada single stroke, double stroke dsb. Tapi yang terpenting latihlah pergelangan kaki anda. Yaitu dengan menginjak pedal dengan posisi heel down atau tumit di bawah, tidak perlu cepat yang penting kuat(sewajarnya) dan terkontrol, bisa dengan single stroke, double stroke, atau four stroke (4 hit/kaki).
Kemudian latihlah juga menginjak pedal dengan posisi heel up (jinjit). Banyak drummer yang mengandalkan paha, tetapi akan lebih baik jika anda menggunakan pergelangan kaki, paha hanyalah sebagai pembantu.
Anda harus ingat! membangun kecepatan butuh proses dan tidak instant, dan anda harus percaya dalam proses itu anda pasti berkembang. Sehingga anda tidak akan mudah menyerah atau bosan..Selamat berlatih dwi..

6. Dwi - 08/10/2009

Pa kbr mas,gni mas q mo nx2 lg,kan q main drumx otodidat jdi klo main music tuh ya kluar dngan sndrix mgalir kyk air gtu,trus klo lg cari2 pkulan drum skali dngar aja udh tau tmpo n pklanx,mnurt q,q ga prlu bljar bca not,mnurut mas pndapatq tdi gmna?maaf ya mas q bxk txnya

7. Rio Lukito - 02/11/2009

Thanks, dwi sekarang bukan soal kamu tahu langsung pukulannya atau tidak…Memang awalnya kita meniru tapi suatu saat kamu akan punya hasrat untuk mencipta, tapi saya kira kamu akan melalui proses yang cukup panjang karena banyak pelajaran yang akan di sampaikan dengan not balok. coba jawab pertanyaan saya sekarang, bisakah kamu melakukan triplet 1/16 dengan double paradidle atau paradidle-didle pada lagu Menjaga Hati by Yovie n Nuno? Apa jawab mu?

8. fauzee - 05/12/2009

halo mas lam kenal ya mau tanya nih single stroke yg R L maksudnya yg R di hihat L di snar drum atau R L nya semua di snar drum?

Rio Lukito - 06/12/2009

R = right dan L = left, single stroke biasa dimainkan pada satu tempat saja. tetapi bisa juga dikombinasikan dengan antara tom, snare, hihat dsb. Hanya kiri dan kanan. gampang kan?

9. wahyu - 06/03/2010

hai mas salam kenal q wahyu q pengen tau gimana si cara ngelatih tangan kiri waktu main stroke soalnya masih kaku banget yg tngn kirinya…

Rio Lukito - 06/03/2010

Secara pribadi saya melakukan latihan dengan melakukan single stroke dengan tangan kiri saja, di lakukan dari tempo yang lambat menuju tempo yang paling cepat mampu kita lakukan dengan gradasi kecepatan yang halus, lalu pertahankan selama kira-kira 30 detik. Memang otot terasa sakit tapi di situlah tangan kiri kita dilatih. Trik lain yang bisa anda coba adalah dengan menggunakan tangan kiri untuk melakukan kegiatan sehari-hari, misalnya dengan mengangkat air dengan tangan kiri atau mandi dengan tangan kiri atau menyikat gigi anda dengan tangan kiri dan lain-lain….:)

10. wahyu - 18/03/2010

Trus mas kalx misalnya kita udah bisa,menyeimbngkn tngn knan & kriny itu gmna ya?…trus melati jari tngah,mnis & klingkngny gmna sbgai pndrong stik?…

Rio Lukito - 19/03/2010

Untuk latihan baru silahkan liat post Latihan Jari Dengan Stick

11. wahyu - 19/03/2010

thanks mas…ju2r q mmang lg bljr yg kyx gtu q sbnrnya bisa maen roll tpi tmponya gx rpi krna jri q yg msh kaku & q pngn bsa jdi drumer yg bsa mmainkn roll dngn tmpo & ktukn yg rpi…kya trvis barker

Rio Lukito - 21/03/2010

Harus rajin latihan, kita harus punya target misalnya kamu ingin menguasai double stroke roll atau single stroke roll dengan rapi, berapa bulan ke depan. Jadi kita fokus pada suatu teknik, satu per satu. Jadikan latihan tersebut rutinitas setiap hari sebelum target tercapai.

wahyu - 04/04/2010

mas terus cranya klx mau mlakukan rolling dari snare ke tom floor dngn baik gmn ya biar suara wktu mukul gx ptus…ju2r wlpn bsa main roll tpi kdang2 msh klabaka2n gmn ya mas solusinya?….

12. Ibnu Azis Rifai - 08/06/2010

ini mo gbung om, gni q kan lum punya double pedal n lau mmkai prantara sprti lantai itukan ga sma sprti dp so gmana solusi yg lain?trims sblume

Rio Lukito - 16/06/2010

Walaupun saya bukan pemain double pedal, saya juga sering melakukan latihan tanpa drum , karena saya tidak punya drum. pertama harga yang memang agak mahal dan kondisi tempat yang tidak memungkinkan. Jadi saya biasa latihan di tempat saya ngajar atau di studio. Ada cerita ibnu, seorang anak mengatakan ,”Saya tidak perlu latihan, karena Buddy Rich saja tidak pernah latihan!”. Lalu gurunya menjawab, “Kalau kamu bermain sebagus Buddy Rich, kamu tidak perlu latihan!”. Dari pemantauan saya, drummer2 professional banyak yang sama teknik pedalnya tetapi banyak pula yang berbeda. Latihlah dengan teknik yang paling nyaman bagi kamu, cepat atau lambat kamu akan menemukan yang cocok bagimu. Kelak kamu akan sampai pada tahap tidak perlu latihan, atau paling tidak mengulang sedikit2 saja. Salam…

13. bayu - 19/07/2010

single stroke paan , maaf pemula

Rio Lukito - 19/07/2010

single stroke, bagian dari rudiments, kombinasinya hanya pukulan dengan tangan kiri dan kanan bergantian.

14. bayu - 19/07/2010

owh… aq bisa ngedrum , kata temen lumayan seh tapi ga tau yg namanya begituan… hehe… makanya pengen belajar lebih..

15. erwin - 31/10/2010

mas, kalo tempo yg baik buat latihan kira” brapa yah ?

Rio Lukito - 04/11/2010

Dari tempo selambat-lambatnya perlahan-lahan dipercepat dengan gradasi yang sangat halus, kenaikan 3 tempo, misal dari 60, 63, 66, 69, 72, 75, 78, 81 dst , karena dari akan membangun akurasi yang sangat baik.

16. Noval's - 27/01/2011

mas, aku mau nanya,
Gimana ya caranya kalau kita mau belajar pake not balok tuh?? Aku gak ngerti eh yang mana not snare drum yg mana not bass drum yang mana not hi-hats..,
Tolong mass ajarin yaa….’

Rio Lukito - 29/01/2011

Terima kasih Noval atas kunjungannya silahkan baca —> How to read the Note . Di sana ada penjelasannya🙂

17. NaCornHolio - 11/04/2011

Mas, tahapan (urutan latihan) untuk menjadi pemain drum yang bagus itu seperti apa ??
contoh :
1 . single stroke
2 . double stroke
3 . . . . .
4 . etc . .
pokoknya gt mas, pasti ngerti kan .
trimakasih mas, mohon bimbingannya .

Rio Lukito - 17/04/2011

Thx, Rana.ya saya ngerti. Sebenarnya ini merupakan ‘daily routine warm up’ yaitu dijadikan kebiasaan rutin setiap hari, untuk menjaga kualitas rudiments kamu, hingga kamu benar2 perfect.
1. single stroke
2. double stroke
3. single paradiddle
4. double paradiddle
5. paradiddle-diddle
6. flam
7. flam tap

saya pikir untuk tahap awal set di atas cukup, tapi jangan sepele, jika kamu benar2 menguasai semua rudiment di atas dengan sangat baik, kamu bisa membuat pattern atau fill-in yang kelihatan sangat kompleks dengan cara sederhana. oya, warm up rutin tidak perlu lama2 untuk semua set di atas, cukup 15 – 20 menit atau kira2 2 atau 3 menit setiap rudiment. tapi kamu harus lakukan dengan sebaik2nya, perhatikan accent2 nya.
Jika kamu sudah merasa gampang dengan set di atas, kamu bisa tambahkan dengan rudiment lain atau menggabungkannya, misal dari single stroke ke double stroke ke single lagi dst secara kontinu dengan tempo yang sama.

18. YAMANK ULRICH - 18/05/2011

wahhh ..sedikitnya saya lebih mengerti lg diblog ini tentang baca not drum…oh yaa sy udah tua usia 32thun…dulu umur 17thun sy suka ikut temen sy ngeband distudio sy duduk dblakang drum jika temen sy main…dari situ sy bisa drum dikit..dan sy coba punya band waktu SMA..tp semenjak itu pakum lg..nah skarang sy kursus dipurwacaraka …skarang grade 1 baru sampe beat dan Fill in….ternyata susah juga yaa…main drum itu harus balance kick n hand, speed juga, dll deh..bang rio salam kenal aja ya…YAMANK ULRICH..JAKARTA.

Rio Lukito - 20/05/2011

Thanks, Yamank Ulrich atas kunjungannya saya sangat senang jika anda tebantu dengan membaca dari blog ini, itulah tujuannya saya buat. Kita dikatakan tua bila berhenti berusaha kata Pak Mario Teguh. BTW kita seumuran mas Yamank….:)

19. iman - 13/10/2011

slm knal mas,,maaf sy mau nimbrung trkait jawaban anda di no 17 tadi,,soal daily routine warm up’ lalu untuk latihan baca part apkah diktegorikan kdlm daily routine warm up’ jg,,kl tidak latian baca part-nya ditempatkan diurutan ke berapa trmksh atas jwabnnya

Rio Lukito - 15/10/2011

Daily warm up routine, bisa dikatakan latihan sticking yang setiap hari dilakukan untuk melatih pikiran dan otot yang berpengaruh langsung pada pergerakan dalam bermain drum. Tapi yang terpenting saya kira adalah pikiran (kata Jojo Mayer). memang benar apapun yang kita lakukan berawal dari pikiran. Anda bisa melakukan warm up sekalian membaca, walaupun sudah hafal. Untuk latihan membaca anda bisa mencari pattern lain, yang sudah pernah anda baca atau yang belum pernah. semakin banyak yang bisa Anda baca, semakin lancar Anda membaca pattern yang baru sekali pun. Karena kebanyakan disekitar itu-itu saja. Latihan membacapun bisa Anda jadikan daily routine jika ingin lebih cepat mahir karena kita belajar dengan melakukan. Jadi bentuk lah good habit agar hasilnya juga good. So, good learning…🙂 Mas Iman!

20. MauLdropper - 02/11/2011

mas itu ketukan single stroke kn mas blg hanya kanan-kiri kanan-kiri khan? Nah saya mw tnya apa ketika kita ketuk kanan/kiri lgsg d angkat atau bgaimana?

Rio Lukito - 16/11/2011

Sorry for delayed response. Ya memang hanya kanan dan kiri. Kalo soal itu tergantung apakah kita selanjutnya akan melakukan stroke dengan power yang sama ato tidak bisa lebih kuat atau lebih pelan dari sebelumnya. untuk tahap awal coba biarkan stick bergerak wajar jangan ditahan. karena tanpa diangkat pun seharusnya stick sudah terangkat sesuai dengan power kita. Kecuali setelah stroke yang kuat kita mau melakukan stroke pelan maka stick harus di tahan agar tidak terlalu tinggi. Karen tinggi stick dari head mempengaruhi kekuatan stroke (accent).

21. alan - 20/12/2011

Salam kenal mas Rio.🙂
terimakasih atas di buatnya blog ini, ini sangat membantu saya untuk belajar,. sya ingin sedikit sharing ne mas, klo single stroke di latih pda kaki, it bisa di sbut single stroke gk, ? trus tips untk menggbungkan single stroke pada saat feel it gmna ya ? ada tips tips ny gk, soalnya kdang pada saat feel dgan stroke, pukulan yg di ciptakan terasa gk nendang gitu, hehe.
di tunggu blasannya mas rio.
terimkasih.

Rio Lukito - 21/12/2011

Salam kenal juga Alan, terima kasih juga, saya juga sangat senang jika kamu merasa terbantu dengan adanya blog ini. Single Stroke dan rudiment lainnya juga bisa dilatih dikaki dan sangat dianjurkan terutama untuk latihan koordinasi. Tipsnya adalah latihan yang banyak dengan metode yang benar.:) kalo soal gak terasa nendang, saya rasa itu karena kamu belum terlalu menguasainya coba latihan lebih banyak lagi… dan sabat semuanya butuh proses. Selamat berlatih jangan segan-segan untuk bertanya di sini lagi kalo ada masalah.

22. Michael - 07/01/2012

Kak, saya mau nanya klo cr paling enak untuk nge slide itu gimana, soalnya slide q masih kaku gtu, tolong jawabanx thx…

23. Endryk Joerdison - 31/08/2012

salam kenal abang,, kalo trik heel toe d double pedal biar double strokenya rapi gimana ya?? soalnya saya penggila metal,,
thank abg,, semoga makin keren blognya..

24. Cara Membaca not Balok pada Drum | samuelsantoso2 - 14/04/2015

[…] Untuk not 1/4 cara menghitungnya sebagai berikut. Anda bisa melakukan latihan ini dengan single stroke atau double stroke dan rudiments lainnya. Ya.. cukup sebut… One…. Two… Three… Four… pada […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: