jump to navigation

How to Read The Note 31/05/2009

Posted by Rio Lukito in Reading.
Tags: , , , , , , , , , , , ,
trackback

Seperti alat musik lain, not balok pada drum juga menggunakan garis paranada dan beberapa simbol-simbol standar. Tetapi pada not drum terdapat beberapa simbol not yang tidak terdapat pada not pada alat musik lain seperti pada gambar di bawah.

Reading The Note

How to read the note

reading2

How to read the note

Setiap simbol not dan tanda istirahat mempunyai nama dan nilai, seperti Not Penuh (Whole Note) yang nilainya 4 ketuk, Not 1/2 yang nilainya 2 ketuk dan seterusnya. Tetapi pada drum, Not Penuh dan Not 1/2 sangat jarang digunakan karena drum tidak memiliki sustain yang panjang. Nilai pada not dan tanda istirahat dapat dilihat pada gambar berikut.

whole note

Whole note ( Not Penuh) Nilai 4 ketuk
half note Half Note (Not Setengah) Nilai 2 ketuk
quarter note Quarter Note (Not Seperempat) Nilai 1 Ketuk
eighth note Eighth Note (Not Seperdelapan) Nilai setengah ketuk
sixteenth note Sixteenth Note (Not Seperenambelas Nilai seperempat ketuk
whote rest Whole note ( Not Penuh) Nilai 4 ketuk
half rest Half Note (Not Setengah) Nilai 2 ketuk
quarter rest Quarter Note (Not Seperempat) Nilai 1 Ketuk
eighth rest Eighth Note (Not Seperdelapan) Nilai setengah ketuk
sixteenth rest Sixteenth Note (Not Seperenambelas Nilai seperempat ketuk

Saya kira dasar-dasar nilai not dan rest cukup sekian jilka pertanyaan atau koreksi mohon komentarnya…

Komentar»

1. Dani - 31/05/2009

Kayanya susah juga ya…. saya dari dulu pusing kalo yang namanya not balok….

rioportnoy - 31/05/2009

Awalnya emang terasa sulit karena kamu belum familiar. Tapi setelah kamu bisa sedikit kamu akan merasa bahwa baca not itu mudah dan banyak sekali manfaatnya. karena pada umumnya materi-materi pelajaran drum disampaikan dengan not balok.

2. SenoARi - 05/07/2009

yaampun susah banget . ini harus dipraktekin atau dipahami saja ?
saya masih junior banget .. hhehe .

rioportnoy - 09/07/2009

Buat SenoAri, lu gue banget!!! kamu ngerti? begitulah respon saya kira-kira 11 tahun yang lalu. Tentu saja harus dipahami dan di praktekkan. Tapi apakah yg membuat saya tidak menyerah? karena saya punya impian jadi drummer yang profesional. Seperti yang pernah saya katakan dlm posting selain pelajaran kita perlu bekal filosofi-filosofi drummer maupun yang umum. Di kala kita merasa itu susah, akhirnya malas, menyerah dan memilih untuk bermain dengan perkembangan minimal atau tanpa perkembangan sama sekali. Kamu ingat pertama kali belajar naik sepeda? Susahnya minta ampun, jatuh bangun, penuh luka mungkin tapi kamu tidak pernah menyerah karna kamu punya impian kepengen bisa naik sepeda, iya nggak? tapi untuk belajar drum kamu gak perlu jatuh atau luka-luka.🙂 . Belajar trus, Ri. We’re friends. I’ll help you!🙂

3. sulis - 12/07/2009

Mas, gimana biar cpet ngerti not drum tapi Q ga da yang ngjarin, Qcuma punya buku?

rioportnoy - 13/07/2009

Pertama-tama terima kasih atas kunjungan kamu di blog saya. Sama Sulis saya dulu juga gak ada yang ngajarin.
Kamu harus sering praktekin apa yang saya tunjukin blog ini tentang bagaimana cara membaca not dan menghitungnya.
Pertama kamu harus hafal luar kepala simbol-simbol not 1/4, 1/8 dst beserta nilai2nya. Lalu praktekkan sambli membaca. Jika kamu latihan 1/4 bearti nilai 1 ketuk mainkan sambil menghitung one, two, three, four kembali ke satu lagi. karena pada umumnya time signature lagu 4/4 (birama 4/4) yang artinya ada 4 ketuk dalam 1 bar (1 birama). 1/4 x 4 = 4/4. Kemudian baru kamu lanjutkan ke not 1/8 dst. cara menghitungnya silahkan klik di sini

4. sulis - 12/07/2009

Q knal sama drum bru 3 blanan, Q cwok mas

5. iqbal - 08/08/2009

bagi bagi ilmunya dong oom, saya iqbal.drummer@yahoo.com mau belajar lebih banyak tentang tehnik-tehnik bermain drum, saya ada facebook dan udah gabung juga dengan komunitas drummer lewat facebook… sekarang saya berumur 15 tahun kelas 1 sma sandikta pondok gede saya sudah menyukai drum sejak kecil, sekitar umur lima tahunan, tapi waktu itu saya masih main main dengan perlatan dapur mama saya… akhirnya ayah saya baru tahu kalau saya menyukai musik… mungkin turunan dari ayah saya yang juga menyukai musik, terutama alat musik gitar dan musik-musik yang berirama jazz standart, dixie, swing, beebob dll, dll, juga penggemar penyanyi jazz all jerrau, michel frank, george benson, dian pramana putra, dll, dll…
sekian dulu yaa oom kapan-kapan di sambung lagi…

posted by SenoARi senoari@pondok205.name

Rio Lukito - 08/08/2009

facebook kamu apa? disini kamu bisa belajar karena saya akan berbagi ilmu sesama drummer. Tolong juga teman2 sesama drummer yang masih ingin belajar dengan memberitahukan tentang blog ini. tentu saja akan sangat membantu mereka.

Ilham Senezpeir Prtama - 14/10/2012

mas saya mau tanya semua tentang drum. soalnya saya hobi banget main drum tapi cuman belajar otodidak, dulu sempat les drum tapi keluar
tolong dong mas ajarin gimana caranya
kalau bisa dari facebook
arigunawan46@ymail.com
mohon bantuannya ya mas brooo…..

6. syafaat - 12/08/2009

Mas maksud not 1/4 yang nilainya 1 ketuk tuh berarti kita mukul (misalnya snare)satu pukulan trus ngitung one two three four trus baru mukul lagi bgtu seterusnya ya

Rio Lukito - 13/08/2009

Ya, benar Syafaat, not 1/4 mewakili satu ketuk, itulah yang menentukan tempo yaitu bpm (beat per minute atao ketuk per menit), jadi kalo kamu maen dengan tempo 60 berarti kecepatan tempo sama dengan kecepatan detik.

7. A_noy - 03/11/2009

Slam smw’y..
Bang,,Q pgn bgt bs mahir dlm brmain drum..
Ada tekhnik khusus’y kg…??

Rio Lukito - 07/11/2009

Teknik banyak mungkin secara keseluruhan gak ada yang khusus. Tapi yang terpenting adalah, kamu harus sering bermain, dan semuanya butuh proses…

8. ezza - 07/12/2009

sukses dengan blognya mas..
salam kenal…

Rio Lukito - 08/12/2009

Terima kasih banyak ezza, salam kenal juga….:)

9. wisnu - 02/01/2010

halo mas rio,
saya pemula banget main drum, kira2 urutan pelajarannya bagaimana ya? apakah :
1. belajar notasi
2. belajar ketukan
3. belajar pukulan
4. belajar mengikuti sebuah lagu.

mohon petunjuk, thanks.

Rio Lukito - 04/01/2010

Halo juga wisnu salam kenal! Jika kamu benar2 serius belajar notasi dulu, karena ketukan berkaitan dengan notasi begitu juga dengan pukulan (mungkin rudiments), kalo lagu kamu bisa sambil jalan….

10. see arhy - 08/01/2010

mas rio sya udh lma main drum tp ngak tw bca not balok, saya k’pngen sperti drumer2 profesional, ajarin dkit aja mengenai pmbacaan not balok. mohon kerja samanya.

Rio Lukito - 11/01/2010

Kamu bisa lihat di bagian how to read the note dan how to count the note. jika ada pertanyaan comment di sana ya?

11. see arhy - 08/01/2010

mas notasi tuh tuh apa??
sorry mas klo aku baxk tanya cz dri dlu q pngn bnget jdi drumer profesional..

Rio Lukito - 11/01/2010

notasi itu adalah not balok itu sendiri…gak apa2 calon orang profesional adalah banyak tanya paling tidak kepada dirinya sendiri mumpung ada yang bisa kamu tanyain tanyalah kepada orang itu…

12. look marven - 20/01/2010

bisa ngak kasih sebuah contoh lagunya beserta not drumx, thx…

Rio Lukito - 23/01/2010

bisa aja look marven mau lagu apa?

13. bellabella - 26/02/2010

waduh, masih bingung sama mbaca not-nya. Kalo saya sih cuma asal nggebuk doang. Sekalian nanya nih, mas, cari not drum lagu itu dimana, yah? susah banget… saya biasanya dengerin lagunya terus dicari” sendiri sampe ketemu…

Rio Lukito - 27/02/2010

Kalo ingin jadi drummer profesional harus bisa baca not donk… soalnya materi2 lesson dari drummer profesional yang banyak di internet juga pake not balok, rugi besar lho…. untuk lagu yang gampang biasanya sih gak perlu di cari not nya, tapi untuk lagu yang sulit seperti jazz, progresive rock, mungkin kita perlu tahu….untuk latihan supaya yang kita mainkan benar2 tepat. Biasanya kita akan tahu not nya seperti apa dengan mendengarnya saja, jika kita sudah bisa baca not balok… Awalnya emang terasa sangat sulit tapi, percayalah baca not itu tidak sesulit yang di bayangkan

14. nahum - 18/05/2010

Kawans, tentu anda semua bisa membaca koran dengan lancar dimana anda memahami kombinasi 26 huruf dari A s/d Z, belum lagi ditambahi variasi tanda baca mulai dari titik, koma, garis miring, tanda tanya, tanda seru, dan lain sebagainya yang sangat banyak. Bahkan anda bisa berekpresi dengan segala tanda baca dan emoticon yg ada.
Bandingkan dgn not balok yg cuma gelintir. Sangat menantang untuk dipahami saya rasa…..

salam
nahum

15. Rio Lukito - 24/05/2010

Yoi, Nahum Anda benar sekali!!! masa baca not yang sedikit simbolnya nyerah???

16. fany (aku laki2 lo mass) - 06/09/2010

haloo mas….wahh bner2 dehh….blognya super bagusss!!!!!^0^

ini daftar yang mau saya tanyaain mas,,,…

maksutnya gmn siih mas…:

1.nilai 4 ketuk (whole not) haduuh, bingung gw mas..
2.nilai 2 ketuk dan strusnya(ini jg gak ngerti mas)….
3.kok gambarnya not 1/4,1/8,ama 1/16 beda ya mas, antara yg diatas ama yg dibawahnya beda,,,,apa yg menyebabkan perbedaannya mas?? trus gunanya apa??
4.trus maksutnya half not ama whole not itu apa??
5.maaf banget banyak tanyaaa……cupu abis saya….

mohon bantuannya ya mass….

tenks ^0^

17. Rio Lukito - 18/09/2010

Wkkk…apalah arti sebuah nama…ada laki2 nama spt ce. ada juga ce nama spt co…
Pertanyaan bagus fany
kamu pernah dengar lagu project pop “tu wa ga pat”?
Sebenarnya itulah ketukan itu. Coba kamu sebutkan terus tu, wa, ga, pat. Maka kamu akan dengarkan snare drum pada ketukan 2 dan 4 dan pada umumnya bass drum pada ketukan 1 dan 3.

1.Jadi untuk whole note dimainkan satu not, tapi dihitung sebanyak 4 ketuk.

2.Begitu juga untuk yang 2 ketuk, dimainkan satu not tapi di hitung sebanyak 2 ketuk. sampai ketemu tanda berikutnya.

3.Itulah yang membedakan not itu dan juga yang membedakan nilainya, selama berapa ketuk. biar kita tahu yang mana 1/4, 1/8, 1/16 dst.

4. Whole artinya penuh atau not 1 not tertinggi dan tidak ada lagi di atasnya Nilainya 4 ketuk. Half setengah atau not 1/2 yang berarti setengah dari whole not, nilainya 2 ketuk. begitu pula seterusnya 1/4 dari not penuh (whole note), nilainya 1 ketuk.

5.Banyak tanya semoga banyak pengetahuan baru…..

terima kasih fany….

18. awnk - 21/09/2010

mas aq gak tau baca not . .
aq ank drumer dan aq masih bingung yg nmx doubel pedall . .
injak kanan kiri kadang ikt . .
mas bisa g bantuin carax doubel pedall bs bunyi enk . .
ap add FBq aj mas . .
qt ngbrol d FB . .
trima kasih mas . .

awnk - 21/09/2010

mas aq gak tau baca not . .
aq ank drumer dan aq masih bingung yg nmx doubel pedall . .
injak kanan kiri kadang ikt . .
mas bisa g bantuin carax doubel pedall bs bunyi enk . .
qt ngbrol d FB aj mas biar enak . .
gmn . .
trima kasih mas . .

Rio Lukito - 22/09/2010

Sip awnk udah sy confirm FB nya

19. fany drumere HNC [ hhehehehe, tapi banyak yang mengira klo saya ini cewek mass,,,T.T] - 21/09/2010

*wahhh…..bagus tuh masss!!!!
tapi saya tetep gak ngerti scara keseluruhan..T.T[bego banget saya,hadooh,,>.>> birama 4/4 = kumpulan dari not 1/4 yg berjumlah 4.
2.>>> yang dimaksud “1 ketuk” = sewaktu kita memukul snare satu kali saja, CONTOH : TAK.
3.>>> yg dimaksud “2 ketuk” = sewaktu kita memukul snare satu kali dan bass drum satu kali, CONTOH : TAK, DEG.

itu dulu aja mas, klo salah,saya mohon banget dikoreksi yaaa,,,,,

*saya bner2 pgn bisa nguasai not ama birama…soalnya, di Malang, saya gak punya kenalan drumer yang ngusai notasi secara keseluruhan,ya ada siih, tpi dia gak bisa sampek detil kyk mas rio…
Hhehehe,untung saya nemu webnya mas rio pas surfing google[ALHAMDULILAaaAaHH…}.

*sya blajar not 1/4 ama brama 4/4 dulu aja sampek bner2 bisa alias di luar kepala , soalnya yg sering dipake kan itu, jadi satu2 dulu,ntar yang laen disuruh nyusul…hheheh

tenks banget nget nget nget nget massss…^0^

20. iqi - 23/10/2010

nama fbx emang apa??
gue juga drummer tpi msih bljar.. :((

ni email gue..
d’add yaa..
dolphinsky68@yahoo.co.id

Rio Lukito - 04/11/2010

kan ada badge FB saya?🙂

21. dean - 26/10/2010

klo maen nya tanpa bsa bca not balok gmn???

22. GITA GIOVANNI - 14/04/2011

NAMA FB SAYA GITA GIOVANNI NAULI
TOLONG AJARIN YAH KARENA SAYA SANGAT MINAT UNTUK BISA MAIN PIANO,,,
KEBETULAN UNT LES PRIVATE SANGAT TIDAK MUNGKIN KARENA PASTI SANGAT MAHAL….
YAH UANGNYA LUMAYAN BUAT BELI PIANONYA BIAR BISA BELAJAR DIRUMAH…

23. Aby - 02/03/2012

terima kasih saran,a ….gan…

24. Rozana Lisaida - 31/05/2012

ada keterangan notasi piano nggak?

Rio Lukito - 04/06/2012

Waduh, sori mbak gak ada🙂

25. Diana Rizza (@DiannaRizza) - 16/06/2012

maksud dari ketuk tu apa seh?? ketuk itu 1x pukul pada senar tah?? maaf aku msh sangat junior….. bagaimana agar dalam membuat lagu, not drum sama dg not gitar dll??? mksh

Rio Lukito - 17/07/2012

Jika kamu dengar lagu, sambil menghentakkan kaki, mengangguk-angguk, atau tepuk tangan mengikuti lagu. itulah ketukan itu, seperti lagunya project pop. tu wa ga pat. setiap hitungan atau tepukan adalah satu ketuk atau satu beat.

26. naharev - 23/07/2012

baik amat mas,..hehe
mw bagi2 ilmu,..sya ampir ptus asa les prifat cm 1bln g bs nrusin,.-curhat dkit-:P
gni mas sya tu g pnya drum mklum msih skolah blum krja,.ltian k studio jg cman 4x sebulan,..itu pun g pasti,.
minta pndapatnya ni,..apa msih ada hrapan buat sya bs bca not kalo sring bca pljranx tp jrang praktek??,..
trims bwt saranx,…

Rio Lukito - 26/07/2012

Sebelumnya minta maaf for my delayed response dan thanks for visiting my blog. Kamu akan memiliki jika kamu memberi. Jika kamu baik mudah2an orang juga akan baik juga, seperti kamu😛 hehe… Bro.. ketahuilah banyak jalan lain ke Roma. Mungkin cerita saya bisa jadi inspirasi kamu. Sekarang saya sudah 17 tahun main drum. sekali lagi ini hanya untuk inspirasi kamu saja bukan menyombong. Memang saya bukan yang terbaik di lingkungan saya. Tapi kata orang saya bermain drum di atas rata2, saya mulai kelas 1 SMA dengan trial and error, tanpa pendidikan bahkan gak tau apapun istilah drum. studio di kota saya hanya 1 atau 2 saat itu dan dengan keaadan yang bisa dibilang menyedihkan. yang saya latih hanya single stroke (dan masih timpang) alias kanan kiri gak bisa kiri kanan. bahkan gak tau namanya. Keinginan kuat sekali untuk bisa main drum, gak ada les drum, apa lagi punya drum. yang saya pukul tumpukan2 buku, karpet, kaleng hehe…he…. tamat sma saya ke jogja. Disanalah pikiran terbuka internet masih hal yang baru, saya nyari lesson di internet. tapi gak bisa baca not??? saya belajar lagi sendiri, menulis dan membaca dan praktek. dimana? duduk di kursi hentak kaki di lantai pukul paha. keuangan saya saat itu kurang memadai, jangankan beli drum, makan pas-pasan. tapi keterbatasan gak bisa menghentikan saya. saya sempat ingin berhenti. tapi keadaan berbalik saat saya nonton klinik drum wong aksan kemudian gilang ramadan dan akhirnya saya nonton akira jimbo lalu mike portnoy. setelah itu saya “menggila” selama lebih kurang setahun latihan intensive (sampe lupa makan 2 hari) dan belajar yang namanya 40 standard rudiments, kamu gak mesti bisa semuanya. tapi ada yang kamu wajib bisa. ternyata tidak sia-sia. banyak sekali yang saya dapat dalam setahun. seandainya saya intensive hingga tahun ke 17 ini. Mungkin kemampuan saya bisa 10x lipat dari sekarang. Saya gak pernah mencari band, band yang mencari saya, karena dianggap “bisa”.(itu penilaian orang lho) Dan sampai sekarang saya gak pernah punya drum. Ingatlah pikiran mu yang menentukan kamu jadi drummer seperti apa. belajar baca not harus di praktekan. belajar dulu yang memukul satu item(snare) hingga mahir. dan tidak perlu di drum
bahkan bisa kamu praktekan di mana pun dan tanpa stick. tapi yang terpenting kamu harus punya target, latihan dengan metode yang benar dan sabarrrrrrr.. semua butuh proses. Semoga berguna BRO!! dan tetap semangat…

27. nandez - 02/08/2012

gua nyampe keluar dari kuliah gua di seni musik karena kesulitan baca not balok,,,ampun deh susahnya

Rio Lukito - 09/08/2012

Kamu gak salah, tapi jika kamu mengatakan tidak susah maka membaca not tidak akan terasa susah…🙂

28.  prima setiawan (@bouime) - 02/01/2013

Sebelumnya salam kenal mas🙂
bukannya sombong langsung to the point aja..
alhamdulillah selama saya jadi drummer waktu SMA saya sudah menjuarai banyak event.. tapi dari semua itu kurangnya saya adalah saya gak tau itu yang namanya ketukan, dan istilah-istilah dalam notasi balok drum..
pake double pedal ya pake, singgle pedal ya pake..
tapiiiiiii kalo not dll. gak tau sama sekali mas, mungkin memang bakat atau sekedar hobby.. tapi dari dulu pengeeeeeeen banget bisa ngerti dan menguasai apa itu “NOT”.
setelah saya baca baca blog ini pun saya masih gak ngerti, tentang not. tapi kalo ketukan sedikit-sedikit ngerti lah..
saya harus gimana mas? like study hard? just playing? or understanding this?
dan sekarang saya libur setahun buat belajar not balok, soalnya impian saya masuk prodi musik di ISI :’)
tapi sampe sekarang saya belum ngerti apa itu not balok.
cuma kalo not angka lumayan bisa.. soalnya saya pianis juga di sekolah(ngiring upacara, dll.)
sekarang saya bingung nih mas mau dalemin DRUM/PIANO!
mohon petunjuk ya mas :’)

Rio Lukito - 04/04/2013

Untuk menjadi professional harus bisa baca not. Belajar dengan melakukan, awal memang terasa sulit dan membosankan tapi jika kita benar-benar ingin bisa, saya rasa segala ketidaknyamanan akan hilang oleh semangat. Kalo ada pertanyaan mendetail jangan segan-segan bro. Good Luck!!

29. Mhan sharawhy - 03/12/2013

Lbih mudah bljar not2 gitar di banding not2 drum.,bingung..?

30. ardy - 30/01/2014

Om ada pin bb gak aku mau tanya2 soal not ni om aku pengen baget belajar not….ni pin BBku om 28bdb213

31. kapten_17 - 23/02/2014

taun boleh lewat meski telat boleh donk ane bertnya soal not drumm
klo tulisan not yg di gambarkan itu naik turun merupakan ketukan tinggi rendah pukulan stik drum bukan ciehh…
heheh maap anak baru gede…:)

Rio Lukito - 20/03/2014

Bukan…itu menyatakan instrument mana yang harus dipukul misalnya apakah snare drum, bass drum, tom1, tom2, cymbal dan lainnya.

32. Cara Membaca not Balok pada Drum | samuelsantoso2 - 14/04/2015

[…] demi sedikit. Kita akan menghitung menggunakan bahasa inggris. Tapi yang pasti anda harus tahu dulu bagaimana membaca not balok.. ya.. nggak?.. Iyaaaaa……. Untuk not 1/4 cara menghitungnya sebagai berikut. Anda bisa […]


Tinggalkan Balasan

